PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS ARTIKEL DENGAN KOMBINASI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Main Author: | APRILIANI, FIMAN NURJANAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4980/1/BAB%20I.doc http://eprints.unram.ac.id/4980/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis artikel dengan kombinasi tutor sebaya pada pokok bahasan kinematika dengan analisa vektor. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2009/2010 sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan eveluasi, serta tahap refleksi. Adapun dalam penelitian ini data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi disetiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor aktivitas belajar siswa sebesar 20,22 yang berada dalam kriteria aktif, nilai rata-rata kelas 58,07 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 60 % sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu skor aktivitas belajar siswa sebesar 24 yang berada pada kriteria sangat aktif, nilai rata-rata 68,82 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 86,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis artikel dengan kombinasi tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2009/2010.