PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2009 / 2010

Main Author: SURYANINGSIH, ENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4979/1/COVER.docx
http://eprints.unram.ac.id/4979/2/BAB%20I%2CII%2CIII%2CIV%20dan%20V.doc
http://eprints.unram.ac.id/4979/
ctrlnum 4979
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4979/</relation><title>PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS &#xD; DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP &#xD; NEGERI 20 MATARAM TAHUN AJARAN &#xD; 2009 / 2010</title><creator>SURYANINGSIH, ENI</creator><subject>QC Physics</subject><description>Guru fisika dalam menyampaikan materi pelajaran fisika guru cenderung menggunakan pendekatan ekspositori, sehingga kurang mengajak siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan menjadikan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Hal tersebut menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran yaitu melalui pendekatan kontekstual berbasis pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 20 Mataram pada pokok bahasan pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan cara observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes uraian pada akhir tiap siklus. Penerapan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila 85% siswa mencapai hasil belajar &#xF0B3; 60, sedangkan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif. Adapun hasil observasi aktivitas siswa untuk siklus I, II, dan III adalah 13,63; 15,86; dan 18,36 dimana masing-masing berada pada katagori cukup aktif, aktif, dan sangat aktif. Sedangkan ketuntasan klasikal untuk siklus I, II, dan III adalah 54,29%; 67,2%; dan 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan telah berhasil terlaksana dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4979/1/COVER.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4979/2/BAB%20I%2CII%2CIII%2CIV%20dan%20V.doc</identifier><identifier> SURYANINGSIH, ENI (2010) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2009 / 2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4979</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SURYANINGSIH, ENI
title PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2009 / 2010
publishDate 2010
topic QC Physics
url http://eprints.unram.ac.id/4979/1/COVER.docx
http://eprints.unram.ac.id/4979/2/BAB%20I%2CII%2CIII%2CIV%20dan%20V.doc
http://eprints.unram.ac.id/4979/
contents Guru fisika dalam menyampaikan materi pelajaran fisika guru cenderung menggunakan pendekatan ekspositori, sehingga kurang mengajak siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan menjadikan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Hal tersebut menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran yaitu melalui pendekatan kontekstual berbasis pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 20 Mataram pada pokok bahasan pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan cara observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes uraian pada akhir tiap siklus. Penerapan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila 85% siswa mencapai hasil belajar  60, sedangkan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif. Adapun hasil observasi aktivitas siswa untuk siklus I, II, dan III adalah 13,63; 15,86; dan 18,36 dimana masing-masing berada pada katagori cukup aktif, aktif, dan sangat aktif. Sedangkan ketuntasan klasikal untuk siklus I, II, dan III adalah 54,29%; 67,2%; dan 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan telah berhasil terlaksana dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana.
id IOS5428.4979
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-07-10T08:01:53Z
last_indexed 2018-07-10T08:01:53Z
recordtype dc
_version_ 1686351100297347072
score 17.538404