EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING/CTL) BERBASIS INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2008-2009
Main Author: | RAHMAWATI, RAHMAWATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4968/1/Apa%20Tujuanmu.rtf http://eprints.unram.ac.id/4968/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Biologi dengan menggunakan pendekatan Kontekstual yang berbasis Inkuiri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Sari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Pre Tes dan Post Test Group Desain. Populasinya adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Sari. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan yang terpilih sebagai kelas penelitian adalah kelas VII A dan VII C. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan metode inqiry sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan dengan metode ceramah. Data hasil penelitian berupa nilai prestasi belajar biologi. Prestasi belajar biologi dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata per tes pada kelas kontrol sebesar 33,31 dan pos test sebesar 51,52. Sedangkan nilai rata-rata pre tes pada kelas eksperimen sebesar 30,44 dan pos test sebesar 64. Hasil Uji t menunjukan nilat t hitung (4,22) > t tabel (1,67) yang berarti bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis nquiry efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Gunung Sari tahun 2008-2009.