PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN AUDIOVISUAL DENGAN VISUAL SEDERHANA UNTUK POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MATARAM TAHUN 2009
Main Author: | JANURASIH, NI LUH PUTU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4967/1/skripsi%20janur%20in%20CD.rtf http://eprints.unram.ac.id/4967/ |
Daftar Isi:
- Kurang menariknya alat komunikasi (media) dalam pembelajaran biologi dapat berpengaruh terhadap rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran biologi, sehingga hasil belajar kurang optimal. Media pembelajaran sangat diperlukan untuk mengatasi sikap anak yang pasif, maka motivasi belajar anak dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan audiovisual dengan visual sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment. Sampelnya ditentukan secara cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan audiovisual dengan visual sederhana, yaitu siswa yang diajarkan dengan audiovisual lebih tinggi hasilnya dibandingkan siswa yang diajarkan dengan visual sederhana.