PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN (MAKE a MATCH) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS VII MTs NEGERI KURIPANTAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | NURHIJRAH, WARISA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4956/1/WARISSA%20SKRIPSI.rtf http://eprints.unram.ac.id/4956/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif mencari pasangan terhadap hasil belajar biologi kelas VII MTs Negeri Kuripan tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII MTs Negeri Kuripan tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan Purposive Sampling sebagai teknik samplingnya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-postet Control Group Design. Data hasil belajar diperoleh dari hasil pretes dan postes dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen 44,93; kelas kontrol 42,62. Sedangkan rata-rata hasil postes pada kelas eksperimen 71,29; kelas kontrol 61. Berdasarkan hasil analisis uji t data hasil belajar diperoleh t hitung sebesar = 2,005 dan t tabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar biologi kelas VII MTs Negeri Kuripan tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep materi yang dipelajari di sekolah.