PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TAKE AND GIVE (MEMBERI DAN MENERIMA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | NURHAFAZAH, NURHAFAZAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4955/1/BAB%20I.doc http://eprints.unram.ac.id/4955/2/BAB%20II.doc http://eprints.unram.ac.id/4955/3/BAB%20III.doc http://eprints.unram.ac.id/4955/4/BAB%20IV.doc http://eprints.unram.ac.id/4955/5/BAB%20V.doc http://eprints.unram.ac.id/4955/6/BAB%20VI.doc http://eprints.unram.ac.id/4955/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan dan kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru dituntut agar mampu merancang proses pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif teknik take and give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik take and give (memberi dan menerima) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperiman dan kelas X7 sebagai kelas kontrol . Data hasil belajar siswa dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan dk untuk n1 = 39 yaitu 2,024 dan dk untuk n2 = 36 yaitu 2,030. Hasil uji-t yang dilakukan diperoleh hasil thitung > t tabel (8,005 > 2,018), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik take and give (memberi dan menerima) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2009/2010. Kemampuan dan kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru dituntut agar mampu merancang proses pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif teknik take and give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik take and give (memberi dan menerima) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperiman dan kelas X7 sebagai kelas kontrol . Data hasil belajar siswa dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan dk untuk n1 = 39 yaitu 2,024 dan dk untuk n2 = 36 yaitu 2,030. Hasil uji-t yang dilakukan diperoleh hasil thitung > t tabel (8,005 > 2,018), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik take and give (memberi dan menerima) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2009/2010.