PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAPAN KATA (WORD SQUARE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: SUHENDRA, EDDY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4954/1/BAB%20I%20FIX.doc
http://eprints.unram.ac.id/4954/2/BAB%20II%20FIX.docx
http://eprints.unram.ac.id/4954/3/BAB%20III.docx
http://eprints.unram.ac.id/4954/4/BAB%20IV.rtf
http://eprints.unram.ac.id/4954/5/BAB%20V.rtf
http://eprints.unram.ac.id/4954/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran papan kata (word square) terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMPN 10 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 10 Mataram dan sampel penelitian adalah kelas VII L sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah dengan tes untuk data prestasi belajar biologi siswa dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru untuk data aktivitas siswa dan guru. Dari hasil uji homogenitas varians diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,394 < 1,897) yang berarti bahwa varians kedua sampel homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t polled varians dan dari hasil perhitungan statistik uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,516. Selanjutnya nilai thitung tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi dengan α = 5% (2,015), sehingga diperoleh nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (2,516 > 2,015). Karena nilai thitung > nilai ttabel maka dapat simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran papan kata (word square) berpengaruh terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMPN 10 Mataram tahun ajaran 2009/2010.