PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: TSANIYAH, JUMIATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4951/1/Bab%20I-%20Bab%20VI.rtf
http://eprints.unram.ac.id/4951/2/Bab%20I-%20Bab%20VI.rtf
http://eprints.unram.ac.id/4951/
Daftar Isi:
  • Pembangunan pendidikan nasional harus mengalami dinamika baik menyangkut kurikulum, format materi, sarana dan prasarana, maupun sistem dengan penyempurnaan yang kontinyu. Pemberlakuan KTSP pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri Se-Kecamatan Ampenan tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Negeri se-kecamatan Ampenan. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket. Data dianalisis dengan menggunakan rumus analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentese rata-rata pelaksanaan KTSP di SMP negeri se-kecamatan Ampenan menurut kepala sekolah 77.8% (baik), guru 71.2% (baik), dan siswa 72.4% (baik). Sehingga Persentase rata-rata total pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri se-kecamatan Ampenan adalah 73.8% dikategorikan baik, yaitu sudah memenuhi standar keberhasilan dalam menerapkan KTSP.