EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS (CRITICAL INCIDENT) POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009
Main Author: | J U S M I A T I, J U S M I A T I |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4945/1/BAB%201%2C2%2C3%2C4%2C5.rtf http://eprints.unram.ac.id/4945/2/BAB%20IV%20r%202.rtf http://eprints.unram.ac.id/4945/3/BAB%20VI.rtf http://eprints.unram.ac.id/4945/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran partisipatif menggunakan teknik pemecahan masalah kritis (critical incident) pokok bahasan gerak pada tumbuhan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimen dengan pendekatan Pretest-Postes Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Nilai rata-rata pre-test dan post- test kelas eksperimen masing-masing sebesar 53,24 dan 79,15, nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol masing-masing sebesar 52,42 dan 66,11. Untuk mengetahui perbedaan hasil prestasi belajar siswa dianalisis dengan uji t. Hasil uji t prestasi belajar siswa diperoleh nilai thitung sebesar 3,90. Nilai ttabel pada α 0,05 dengan dk = 74 sebesar 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,90>1,67), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti pembelajaran partisipatif menggunakan teknik pemecahan masalah kritis (Critical incident) pokok bahasan gerak pada tumbuhan efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2008/2009.