PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA PELAJARAN BIOLOGI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 GUNUNGSARI

Main Author: JAYANTI, MEI INDRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4941/1/Penerapan%20model%20pembelj%20kuantum%20kooperatif%20tipe%20NHT%20pd%20pelj%20biologi%20serta%20inplikasinya%20terhadap%20hsl%20bel%20siswa%20di%20SMAN%201%20Gunung%20Sari-MEI%20INDRA%20JAYANTI%20_E1A007024_.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4941/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran kuantum dan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) merupakan dua model pembelajaran yang dapat ditempuh untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga dapat mensukseskan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan desain penelitian yaitu control group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Gunungsari. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple ramdom sampling sehingga terpilih kelas X7 sebagai kelas kuantum dan X2 sebagai kelas NHT. Hasil analisis data untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif menggunakan uji t pada taraf signifikan (α) 5% dan daerah penolakan 1⁄2α, menunjukan bahwa thitung < ttabel (1,35 < 2,05). Hasil analisis data dengan uji t untuk hasil belajar afektif menunjukan bahwa thitung < ttabel (0,025 < 2,05) . Hasil analisis data dengan uji t untuk hasil belajar paikomotorik menunjukan bahwa thitung < ttabel (- 0,097 < 2,05). Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.