STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR BIOLOGI ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI DAN TIPE MENCARI PASANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: Permana, Yudhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4934/1/COVER.rtf
http://eprints.unram.ac.id/4934/2/ISI.rtf
http://eprints.unram.ac.id/4934/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran menggunakan strategi kooperatif tipe berpikir-berpasangan-berbagi dan tipe mencari pasangan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Mataram tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling, dengan sampel penelitian siswa kelas VIII A (30 siswa) sebagai kelas perlakuan 1 dan kelas VIII B (28 siswa) sebagai kelas perlakuan 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis data menggunakan rumus uji-t polled varians. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2.18 > 1,672) pada taraf kepercayaan 95%, dengan demikian Ha diterima. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran menggunakan strategi kooperatif tipe berpikir-berpasangan-berbagi dan tipe mencari pasangan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor post-test pada kelas dengan pembelajaran kooperatif tipe berpikir-berpasangan-berbagi lebih tinggi daripada kelas dengan tipe mencari pasangan. .