PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Author: Pratiwi, Maryana Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4928/1/SKRIPSI.docx
http://eprints.unram.ac.id/4928/
ctrlnum 4928
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4928/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR&#xD; KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X &#xD; SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN&#xD; 2011/2012</title><creator>Pratiwi, Maryana Dian</creator><subject>Q Science (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan X.7 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pre-test dan post-test dengan perlakuan berbeda. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil post-tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (&#xB1;SD) post-test untuk hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,23 (8,10) dan nilai rata-rata (&#xB1;SD) post-test kelas kontrol sebesar 68,93 (&#xB1;7,97), sedangkan nilai rata-rata (&#xB1;SD) post-test untuk kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 75,07(&#xB1;8,32) dan nilai rata-rata (&#xB1;SD) post-test kelas kontrol sebesar 69,93 (&#xB1;7,83). Secara statistik dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus pooled varians, dan diperoleh hasil uji-t untuk hasil belajar siswa yaitu thitung = 3,49 &gt; ttabel = 1,673 dan hasil uji-t untuk kemampuan berpikir kritis siswa yaitu thitung = 2,44 &gt; ttabel = 1,673 pada taraf kepercayaan 95%, sehingga Ha pada penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4928/1/SKRIPSI.docx</identifier><identifier> Pratiwi, Maryana Dian (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4928</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pratiwi, Maryana Dian
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2011/2012
publishDate 2011
topic Q Science (General)
url http://eprints.unram.ac.id/4928/1/SKRIPSI.docx
http://eprints.unram.ac.id/4928/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan X.7 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pre-test dan post-test dengan perlakuan berbeda. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil post-tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (±SD) post-test untuk hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,23 (8,10) dan nilai rata-rata (±SD) post-test kelas kontrol sebesar 68,93 (±7,97), sedangkan nilai rata-rata (±SD) post-test untuk kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 75,07(±8,32) dan nilai rata-rata (±SD) post-test kelas kontrol sebesar 69,93 (±7,83). Secara statistik dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus pooled varians, dan diperoleh hasil uji-t untuk hasil belajar siswa yaitu thitung = 3,49 > ttabel = 1,673 dan hasil uji-t untuk kemampuan berpikir kritis siswa yaitu thitung = 2,44 > ttabel = 1,673 pada taraf kepercayaan 95%, sehingga Ha pada penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012.
id IOS5428.4928
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-07-10T08:01:53Z
last_indexed 2018-07-10T08:01:53Z
recordtype dc
_version_ 1686351100705243136
score 17.538404