PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASIKELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 AIKMEL TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Author: HIDAYATI, MANAL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4920/
ctrlnum 4920
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4920/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASIKELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 AIKMEL TAHUN AJARAN 2011/2012</title><creator>HIDAYATI, MANAL</creator><subject>Q Science (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep dan keterampilan proses sains serta lembar observasi keterampilan proses sains. Model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran eksperimen biasa. Data penguasaan konsep dan keterampilan proses sains dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post- test penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 45.47, 42.27 dan 72.13 dan 62.53 . Nilai rata-rata post-test keterampilan proses sains untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 81.72 dan 60.35. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal penguasaan konsep ( t hitung 4.59 &gt; t tabel 2,06 dan keterampilan proses sains ( t hitung 9.54 &gt; t tabel 2.01). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel Tahun Ajaran 2011/2012.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> HIDAYATI, MANAL (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASIKELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 AIKMEL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4920</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author HIDAYATI, MANAL
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASIKELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 AIKMEL TAHUN AJARAN 2011/2012
publishDate 2011
topic Q Science (General)
url http://eprints.unram.ac.id/4920/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep dan keterampilan proses sains serta lembar observasi keterampilan proses sains. Model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran eksperimen biasa. Data penguasaan konsep dan keterampilan proses sains dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post- test penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 45.47, 42.27 dan 72.13 dan 62.53 . Nilai rata-rata post-test keterampilan proses sains untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 81.72 dan 60.35. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal penguasaan konsep ( t hitung 4.59 > t tabel 2,06 dan keterampilan proses sains ( t hitung 9.54 > t tabel 2.01). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel Tahun Ajaran 2011/2012.
id IOS5428.4920
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-07-10T08:01:53Z
last_indexed 2018-07-10T08:01:53Z
recordtype dc
_version_ 1686351100720971776
score 17.538404