PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DENGAN STRATEGI KWL ( KNOW – WANT TO KNOW – LEARNED ) SISWA KELAS IV SD NEGERI 48 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: NURHIDAYATI, NURHIDAYATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4747/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4747/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif dengan strategi KWL (Know-Want to Know- Learned) siswa kelas IV SD Negeri 48 Ampenan Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa nilai kemampuan membaca intensif mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 48 Ampenan tergolong sangat rendah dengan permasalahan masih banyak siswa yang belum bisa menjawab pertanyaan, menemukan kalimat utama tiap paragraf, dan meringkas isi bacaan, sehingga nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia belum mencapai KKM yakni sebesar 75. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan strategi KWL (Know-Want to Know- Learned) dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 48 Ampenan yang berjumlah 21 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes evaluasi belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 52 dan siklus II sebesar 71, nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 71,35 dan pada siklus II sebesar 85,70. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 52,94% dan siklus II sebesar 88,23%. Kinerja guru juga meningkat yakni pada siklus I sebesar 54 dan siklus II sebesar 66. Dapat disimpulkan bahwa dengan strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 48 Ampenan Tahun Pelajaran 2017/2018.