EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA – TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | SETIAWATI, ENDANG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4737/1/bab%201%2C2.docx http://eprints.unram.ac.id/4737/2/bab%203.docx http://eprints.unram.ac.id/4737/3/bab%204.docx http://eprints.unram.ac.id/4737/4/bab%205.docx http://eprints.unram.ac.id/4737/5/bab%206.docx http://eprints.unram.ac.id/4737/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media teka-teki silang terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mataram tahun ajaran 2011/2012. Data diambil melalui eksperimen semu (quasi experiment). Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mataram. Sampel penelitian terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil penelitian berupa hasil dari pre-test dan post-test yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 31,14 dan 74,43 sedangkan rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 30,37 dan 68,44. Hasil penilaian afektif menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu (75,48 > 71,98). Begitupula dengan hasil penilaian psikomotor diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu (77,86 > 69,93). Uji hipótesis dengan uji-t polled varian terhadap hasil belajar (Kognitif, afektif, dan psikomotor) antara kelas ekeperimen dan kontrol dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan nilai t-hitung > t tabel (t hitung =2,35 dan t tabel =1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media teka-teki silang efektif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mataram Tahun Ajaran 2011/2012.