PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Author: | HASDIANTI, HASDIANTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4730/1/BAB%201-6.docx http://eprints.unram.ac.id/4730/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media kartu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN 1 Mataram tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Mataram. Hasil penelitian berupa hasil belajar kognitif, lembar observasi afektif, psikomotor dan aktivitas mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen masing-masing 32,632 dan 76,447, lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol masing-masing 33,919 dan 68,108. Data hasil belajar siswa kemudian dianalis menggunakan uji t polled varians. Hasil uji t diperoleh nilai thitung (4,505) > ttabel (1,996) pada taraf kesalahan 5%. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan media kartu berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN 1 Mataram tahun ajaran 2012/2013.