ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA SEBAGAI PENILAIAN PSIKOMOTORIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS X MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | H A R I A T I, R I S A H E R L I N A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4715/1/7.%20BAB%20I-3.docx http://eprints.unram.ac.id/4715/2/8.%20BAB%204-6%20ASLI.docx http://eprints.unram.ac.id/4715/ |
Daftar Isi:
- Bertanya merupakan suatu strategi yang digunakan secara aktif oleh siswa untuk menganalisis dan mengeksploitasi gagasan-gagasan. Keterampilan bertanya yang dilakukan oleh siswa dapat dijadikan sebagai salah satu penilaian psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bertanya siswa sebagai penilaian psikomotorik dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas X MAN 2 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei tahun 2015 di MAN 2 Mataram kelas X. Sampel penelitian ini yaitu kelas X1 dan X2, sampel ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara triangulasi yaitu angket, analisis dokumentasi dan observasi langsung. Hasil angket menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa termasuk kategori sangat baik karena rata-rata nilai yang diperoleh siswa di atas 80. Rata-rata nilai siswa yaitu kelas X1 90,62 % dan kelas X2 89,00 %. Analisis dokumentasi menunjukkan bahwa tingkatan kemampuan bertanya siswa paling banyak berada pada tahap C2 atau memahami dan tingkatan paling sedikit berada pada tahap C6 atau menciptakan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan bertanya siswa sebagai penilaian psikomotorik di MAN 2 Mataram tahun ajaran 2014/2015 tergolong sangat baik.