EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: AISYAH, UMRATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4711/1/UMRATUL%20AISYAH%20E1A012057.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4711/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa di SMPN 12 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment yang telah dilaksanakan pada 19 April – 27 Mei 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 12 Mataram Tahun ajaran 2015/2016. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih dua kelas yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan VIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data keterampilan bertanya dan tes hasil belajar siswa berupa soal uraian. Data penelitian yang dianalisis terdiri dari uji prasyarat analisis, uji hipotesis gain skor dan keterampilan bertanya dengan program SPSS 17 for Windows serta analisis keterampilan bertanya dilakukan dengan analisis statistik sederhana (Rata-rata). Uji hipotesis dilakukan dengan t-Test: Independent-Sample T Test sehingga diperoleh hasil bahwa uji hipotesis keterampilan bertanya menunjukkan bahwa p<0,05 dan uji hipotesis gain skor hasil belajar biologi p<0,05. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran problem posing efektif dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.