PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DI SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | AKBAR, L. MUH. AIDIL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4710/1/SKRIPSI_%20L%20Muh%20Aidil%20Akbar.pdf http://eprints.unram.ac.id/4710/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIII menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle dengan model pembelajaran Brain Based Learning di SMP Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Pra-Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Postest Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu dari 10 kelas menjadi 2 kelas, yang kemudian penentuan kelas ekperimen 1 dan 2 menggunakan teknik undian diperoleh kelas VIII J sebagai kelas ekperiemen 1 dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil penelitian yaitu tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda. Hasil Uji hipotesis menggunakan uji t polled varians dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung sebesar 4,428 nilai tersebut lebih besar dibandingkan ttabel yaitu 1,997 (thitung = 4,428 > ttabel = 1,997). Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIII menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle dengan model pembelajaran Brain Based Learning di SMP Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2016/2017.