PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Author: | KUMALASARI, DESI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4701/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/4701/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi menggunakan media audiovisual dengan media gambar pada siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dengan teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian terhadap hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,862 >2,012. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi menggunakan media audiovisual dengan media gambar pada siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016.