PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: ARDIANI, NURFANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4697/1/skripsi%20Nurfani%20Ardiani.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4697/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif Question Student Have terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif adalah test assay dan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian menggunakan rumus t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji stastistik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar menunjukan bahwa thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran aktif Question Student Have (QSH) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari.