EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONAL DAN HASILBELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: DEVITA, ROBIATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4630/1/JURNAL%20KONSUL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4630/
ctrlnum 4630
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4630/</relation><title>EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONAL DAN HASILBELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA&#xD; SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016</title><creator>DEVITA, ROBIATUN</creator><subject>Q Science (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan personal dan hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 15 Mataram. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling,sehingga terpilih kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) lembar observasi rahmat sosial 2)rubrik penilaian produk sebagai wujud ekspresi kemampuan personal siswa. 3) Soal essay sebagai tes hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa.langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik (100%). Data dianalisis dengan bantuan program Microsft Excel 2007. Uji hipotesis menggunakan rumus t-tes pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan kemampuan personal siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (p&lt;0,05) dan 2) ada perbedaan hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (p&lt;0,05).</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4630/1/JURNAL%20KONSUL.pdf</identifier><identifier> DEVITA, ROBIATUN (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONAL DAN HASILBELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4630</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DEVITA, ROBIATUN
title EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONAL DAN HASILBELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016
publishDate 2016
topic Q Science (General)
url http://eprints.unram.ac.id/4630/1/JURNAL%20KONSUL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4630/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan personal dan hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 15 Mataram. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling,sehingga terpilih kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) lembar observasi rahmat sosial 2)rubrik penilaian produk sebagai wujud ekspresi kemampuan personal siswa. 3) Soal essay sebagai tes hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa.langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik (100%). Data dianalisis dengan bantuan program Microsft Excel 2007. Uji hipotesis menggunakan rumus t-tes pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan kemampuan personal siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (p<0,05) dan 2) ada perbedaan hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (p<0,05).
id IOS5428.4630
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-07-10T08:01:47Z
last_indexed 2018-07-10T08:01:47Z
recordtype dc
_version_ 1686351101351165952
score 17.538404