EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Author: | Ikalor, Allvanialista |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4629/1/SKRIPSI%20ALLVANIALISTA%20IKALOR%20%28E1A012004%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/4629/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan pembelajaran IPA di sekolah kurang melibatkan peran aktif siswa dan lebih banyak mengarahkan siswa untuk menghapal informasi. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling dan didapatkan 2 kelas sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi siswa adalah test essay. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pooled varians pada α 0,05 dengan bantuan Microsoft Excel 2007. Efektivitas penerapan model discovery learning di lihat dari persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis ialah 75,64 dan penguasaan konsep biologi ialah 78,71. Hasil uji beda kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,5 > 1,99) dan untuk penguasaan konsep biologi (4,29 > 1,99). Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.