Pengaruh Pembelajaran Discovery Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Main Authors: Sari, Putri Iman, Gunawan, Gunawan, Harjono, Ahmad, Sahidu, Hairunnisyah
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: aa
Terbitan: Arga Puji Press , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4626/1/Ringkasan%20Bab%2010%20Buku%20Virtual.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4626/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran fisika merupakan kegiatan pembelajaran tidak hanya ditekankan pada aspek produk saja yaitu pengetahuan dalam kategori mengingat saja, tetapi juga harus diimbangi dengan aspek proses untuk memahami konsep-konsep yang ada. Pembelajaran yang sepenuhnya menyampaikan materi tanpa melibatkan peserta didik langsung dalam pembelajaran, membuat peserta didik merasa jenuh dan mereka menganggap fisika merupakan pelajaran yang sangat sulit karena identik dengan banyaknya persamaan yang harus dihafalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan pre-test and post-test control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian meliputi tes penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Tes penguasaan konsep tersebut berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 35 soal yang mencakup aspek kognitif C1 sampai C6. Sebelum digunakan dalam penelitian instrumen tes penguasaan konsep diuji cobakan terlebih dahulu untuk memenuhi beberapa syarat yaitu validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Sedangkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berupa tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran discovery berbantuan media laboratorium virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik