Pengaruh Model Problem Based-Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Main Authors: Hastuti, Andriyani, Sahidu, Hairunnisyah, Gunawan, Gunawan, Harjono, Ahmad
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Arga Puji Press , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4624/1/Ringkasan%20Bab%208%20Buku%20Virtual%20Lab.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4624/
Daftar Isi:
  • Pada proses pembelajaran fisika, peserta didik harus aktif dan rajin mengerjakan latihan soal, berdiskusi, serta tanya jawab. Tujuan penelitian ini yaitu meneliti pengaruh model problem based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur penguasaan konsep dan berupa soal uraian sebanyak 8 soal untuk mengukur pemecahan masalah. Sebelum digunakan, semua instrumen diuji coba instrumen yang meliputi uji validitas, uji realibilitas, taraf kesukran, dan daya beda. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji N-gain Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning sesuai untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan meningkatkan kemampuan penguasaan konsep mereka.