Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik
Main Authors: | Kusdiastuti, Mahesti, Harjono, Ahmad, Sahidu, Hairunnisyah, Gunawan, Gunawan |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Arga Puji Press
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4623/1/Ringkasan%20Bab%207%20Buku%20Virtual%20Lab.pdf http://eprints.unram.ac.id/4623/ |
Daftar Isi:
- Tantangan dalam pembelajaran sains sendiri tidak hanya menuntut peserta didik menguasai konsep, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir. Salah satu keterampilan berpikir yang dapat dikembangkan adalah kemampuan pemecahan masalah. Fisika merupakan bagian sains yang fokus kajiannya pada materi dan energi serta hubungan antara keduanya. Beberapa konsep dalam fisika termasuk konsep abstrak, yang menyebabkan kesulitan dalam visualisasi dan penyampaiannya kepada peserta didik. Berdasarkan kenyataan yang telah dipaparkan, maka perlu dilakukan usaha perbaikan dalam kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test-post-test control group design. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penguasaan konsep berupa tes pilihan ganda sebanyak 22 soal dan instrumen kemampuan pemecahan masalah berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Instrumen penguasaan konsep diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran, sedangkan tes kreativitas divalidasi oleh para ahli. Uji F digunakan untuk menguji homogenitas data dan uji normalitas untuk mengetahui apakah data terdistribusi normal atau tidak. Untuk mengetahui nilai peningkatan kedua kelas sebelum dan sesudah diberi perlakuan, digunakan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuri berbantuan laboratorium virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik MA DI Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016