Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Peserta Didik

Main Authors: Nisrina, Nina, Gunawan, Gunawan, Harjono, Ahmad, Sahidu, Hairunnisyah
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Arga Puji Press , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4620/1/Ringkasan%20Bab%204%20Buku%20Virtual%20Lab.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4620/
Daftar Isi:
  • Dunia pendidikan dengan teknologi informasi merupakan bentuk inovasi baru yang digunakan guru sebagai sarana dalam proses pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran fisika untuk materi Fluida Statis. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen (experimental research). Untuk mengukur pengaruh model pembelajaran yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, data dipilih bentuk desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes (pretest-posttest control group design). Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda untuk penguasaan konsep yang diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda sebelum digunakan dalam penelitian. Instrumen kreativitas adalah tes kreativitas verbal (TKV) dan tes kreativitas figural (TKF) yang divalidasi oleh para ahli (validator). Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis data meliputi uji homogenitas dan uji normalitas. Analisis data menggunakan uji-t polled varians dan uji N-gain untuk menganalisis perolehan skor N-gain setiap peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep fisika dan kreativitas fisika peserta didik kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Terdapat peningkatan kemampuan kognitif untuk aspek C1 sampai dengan C5 dari hasil tes akhir penguasaan konsep untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol meningkat pada aspek C6 dan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen. Peningkatan penguasaan konsep pada Sub-Materi Hukum Hidrostatis, Tekanan Hidrostatis, Hukum Pascal, Kapilaritas dan Viskositas meningkat secara signifikan setelah diberikan perlakuan. Kemampuan kreativitas verbal dan kreativitas figural kelas eksperimen juga lebih baik dibandingkan kelas kontrol.