Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika
Main Authors: | Sugiana, I Nyoman, Harjono, Ahmad, Sahidu, Hairunnisyah, Gunawan, Gunawan |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Arga Puji Press
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4618/1/Ringkasan%20Bab%202%20Buku%20Virtual%20Lab.pdf http://eprints.unram.ac.id/4618/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan penguasaan konsep peserta didik dapat membuat kreativitas meningkat yang berakibat pada meningkatnya hasil belajar fisika. Laboratorium virtual memiliki pengaruh peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran generatif dan media laboratorium virtual, sedangkan variabel terikat adalah penguasaan konsep dan kreativitas, serta variabel kontrol adalah jam pelajaran dan materi pembelajaran. Instrumen tes penguasaan konsep yang digunakan berupa soal pilihan ganda (multiple choice) sebanyak 25 soal yang meliputi ranah kognitif dari C1 sampai C6. Sebelum digunakan, instrumen tes penguasaan konsep dalam penelitian ini mengalami beberapa uji yaitu validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Instrumen tes kreativitas berupa tes kreativitas verbal (TKV) dan tes kreativitas figural (TKF), masing-masing berjumlah 5 soal. Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik. Penguasaan konsep fisika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peserta didik kelas kontrol. Demikian halnya dengan kreativitas fisika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peserta didik kelas kontrol.