Model-Model Pembelajaran Berbantuan Media Virtual Berorientasi Pada Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Main Authors: Gunawan, Gunawan, Harjono, Ahmad, Sahidu, Hairunnisyah, Suranti, Ni Made Yeni, Nisrina, Nina
Other Authors: Setiawan, Agus, Widodo, Wahono
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Arga Puji Press
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4617/1/Ringkasan%20Bab%201%20Buku%20Virtual%20Lab.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4617/
Daftar Isi:
  • Beberapa tahun terakhir ini perkembangan teknologi informasi kian memuncak. Teknologi informasi dan komunikasi dapat menjangkau seluruh aspek kehidupan manusia. Pada akhirnya segala aktivitas yang dilakukan manusia tidak terlepas dari teknologi. Di era baru teknologi informasi, kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah sangat penting bagi siswa untuk menguasai pengetahuan dan berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat modern terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan saat ini merupakan pendidikan yang terhubung dengan perkembangan TIK yang telah banyak memunculkan inovasi dan peluang baru. Dunia pendidikan dengan teknologi informasi merupakan bentuk inovasi baru yang digunakan guru sebagai sarana dalam proses pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran. Hal ini juga berimplikasi pada pembelajaran fisika. Salah satu bentuk teknologi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran fisika yaitu media virtual. Hasil penelitian Tüysüz (2010) mengungkapkan bahwa penggunaan laboratorium virtual dapat meningkatkan prestasi dan memberikan dampak positif pada peserta didik. Salah satu dampak positif dari penggunaan media virtual tersebut yaitu mampu meningkatkan kreativitas dan pemecahan masalah siswa. Penggunaan laaboratorium virtual yang diintegrasikan dengan model-model pembelajaran inovatif mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang ada. Siswa yang memiliki penguasaan konsep yang baik akan mampu menciptakan ide kreatif sehingga dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi. Model-model pembelajaran inovatif yang dapat diintegrasikan dengan media virtual adalah model generative learning, project based learning, kooperatif tipe STAD, direct instruction, problem based learning, inkuiri, dan discovery learning. Model-model tersebut dapat dijadikan inovasi model pembelajaran dengan menggunakan teknologi komputer yang dapat meningkatkan penguasaan konsep, kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Bagian ini memaparkan tentang kajian model-model pembelajaran tersebut dan bentuk pengintegrasiannya dengan media virtual. Selain itu juga dijelaskan tentang aspek-aspek yang dipengaruhi oleh model-model pembelajaran tersebut seperti penguasaan konsep, kerativitas dan pemecahan masalah.