Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Konsep Optik bagi Calon Guru
Main Authors: | Gunawan, Gunawan, Harjono, Ahmad, Sahidu, Hairunnisyah, Sutrio, Sutrio |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4604/1/Prosiding%20SNPS%202013_Gunawan%20et%20al.pdf http://eprints.unram.ac.id/4604/ |
Daftar Isi:
- Telah dikembangkan multimedia interaktif untuk mendukung pembelajaran pada beberapa konsep fisika, salah satu diantaranya multimedia interaktif pada konsep optik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan model multimedia interaktif fisika dan menguji efektivitasnya terhadap peningkatan penguasaan konsep mahasiswa calon guru. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan fisika dasar yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes penguasaan konsep fisika. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan konsep mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis multimedia interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diajarkan secara konvensional. Label konsep optik geometri mengalami peningkatan lebih besar dibandingkan label konsep lainnya, sebesar 58,18%. Hal ini disebabkan antara lain oleh karakteristik multimedia interaktif fisika yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih banyak berlatih membuat perkiraan dan secara mandiri mencoba membuktikan kebenaran perkiraannya sebelum memberikan kesimpulan dari suatu data atau masalah.