PENGARUH PENERAPAN MIND MAPPING DAN KUIS BINGO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR PADA SISWA KELAS X DI MA AL-AZIZIYAH PUTRI KAPEK GUNUNGSARI
Main Author: | DEWI, ASTUTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4585/1/Artikel-Ilmiah-Astuti-Dewi.pdf http://eprints.unram.ac.id/4585/ |
Daftar Isi:
- MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Berdasarkan hasil wawancara prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia masih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan Mind Mapping dan Kuis Bingo terhadap prestasi belajar materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur pada siswa kelas X di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas Xa sebagai kelas eksperimen dan Xb sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dengan menggunakan analisis statistik Anakova. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen = 74 dan kelas kontrol = 58. Nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Sedangkan hasil pengujian hipotesis diperoleh harga Fhitung = 11,34> Ftabel = 4,05 pada taraf signifikan 5%, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dan Kuis Bingo memberikan pengaruh lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas X di MA Al-AziziyahPutri Kapek Gunungsari.