PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | RAHMATIN, LIA SARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4574/1/SKRIPSI%20LIA%20SARI%20RAHMATIN%20E1A012020.pdf http://eprints.unram.ac.id/4574/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis otak (Brain Based Learning) terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah: penelitian semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu: Pretest and Post-test Group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu: seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dimana kelas VIII.1 dan kelas VIII.7 secara berurut terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Hasil uji-t untuk data hasil belajar kognitif didapatkan bahwa: thitung > ttabel (3,29 > 1,99), sehingga dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran berbasis otak (Brain Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017.