PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: RAHMATIN, LIA SARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4574/1/SKRIPSI%20LIA%20SARI%20RAHMATIN%20E1A012020.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4574/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis otak (Brain Based Learning) terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah: penelitian semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu: Pretest and Post-test Group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu: seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dimana kelas VIII.1 dan kelas VIII.7 secara berurut terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Hasil uji-t untuk data hasil belajar kognitif didapatkan bahwa: thitung > ttabel (3,29 > 1,99), sehingga dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran berbasis otak (Brain Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017.