EFISIENSI PEMASARAN BIBIT DURIAN HASIL OKULASI DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Main Author: Fitriadi, Syamsul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4439/1/JURNAL%20SKRIPSI%20SYAMSUL%20FITRIADI%20_C1G110081_.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4439/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menganalisis Efisiensi pemasaran Bibit Durian Hasil Okulasi Di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Lokasi ini merupakan sentra produksi Bibit buah di NTB. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui saluran pemasaran Bibit Durian Okulasi di Kecamatan Lingsar (2) Mengetahui Efisiensi Pemasaran Bibit Durian Okulasi (3) Mengetahui Hambatan- hambatan Pemasaran Bibit Durian Okulasi. Berdasarkan hasil penelitian, (1) ada tiga saluran pemasaran di lokasi penelitian, yaitu: (a) PenangkarPetani (Saluran I), (b) PenangkarPedagang Pengumpul Desapetani (Saluran II), (c) PenangkarPedagang PengecerPetani (Saluran III). (2) Efisiensi Pemasaran Bibit Durian Hasil Okulasi jika diukur berdasarkan (a) Marjin Pemasaran, efisien pada saluran I, sebab marjinnya paling kecil dibandingkan saluran yang lain yaitu Rp. 9.624 (b) Berdasarkan Share Petani, efisien pada saluran I, sebab Share Petaninya lebih besar dari 60 % yaitu 61,45 %. Sedangkan saluran II dan III belum efisien. (c) Berdasarkan Distribusi Keuntungan, efisien pada saluran I, sebab distrubusi keuntungannya = 1. Sedangkan saluran II dan III belum efisien. (3). Hambatan pemasaran yang dihadapi Penangkar dan Lembaga Pemasaran dalam memasarkan bibit durian okulasi adalah Penangkar yang terhambat modal sebanyak 24 %, Persaingan sebanyak 100 %, dan Cuaca sebanyak 100 %. Sedangkan PPD yang terhambat modal sebanyak 56,52 %, persaingan sebanyak 100 %, dan Cuaca sebanyak 100 %. Selanjutnya Pengecer yang terhambat modal sebanyak 100 %, Pasar sebanyak 100 %, dan Cuaca sebanyak 100 %.