Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Calon Guru Pada Materi Elastisitas

Main Author: Gunawan, Gunawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4395/1/Hal%20Awal%20Thesis%20Gunawan_SPs%20UPI_2008.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4395/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah model pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi elastisitas dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut terhadap peningkatan penguasaan konsep, keterampilan generik sains, dan keterampilan berpikir kritis calon guru. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan subyek penelitian mahasiswa calon guru yang sedang mengikuti perkuliahan Fisika Dasar pada Program Studi Pendidikan Fisika di sebuah LPTK di Mataram. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep elastisitas yang terintegrasi dengan keterampilan generik sains dan keterampilan berpikir kritis, lembar observasi, dan kuesioner yang digunakan untuk mengetahui tanggapan dosen dan mahasiswa calon guru terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan penguasaan konsep, keterampilan generik sains, dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru yang belajar menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang diajarkan secara konvensional. Peningkatan gain tertinggi terjadi pada konsep energi potensial pegas yang merupakan konsep yang abstrak. Selain itu, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan inferensi logika, membangun konsep, dan membuat kesimpulan dari suatu permasalahan lebih baik dibandingkan yang diajarkan secara konvensional. Secara umum mahasiswa dan dosen memberikan tanggapan yang positif terhadap model pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini.