PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 43 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: HARDINI, SRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4347/1/JURNAL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4347/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 43 Ampenan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V melalui penerapan metode course review horay. Subyek dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, implementasi, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil tes evaluasi siswa yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar pada setiap siklus. Aktivitas mengajar guru berkategori sangat baik dan aktivitas belajar siswa berkategori sangat aktif pada akhir siklus. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari ketuntasan klasikal 65% menjadi 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode course review horay dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 43 Ampenan.