PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR PADA MATERI MENGENAL UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 2 KAWO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | HASANAH, RAMDIATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4312/1/JURNAL%20SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/4312/ |
Daftar Isi:
- Selama ini dalam proses pembelajaran di kelas II SDN 2 Kawo masih berlangsung satu arah terutama dalam mata pelajaran Matematika, padahal mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran konkrit yang dalam proses pembelajarannya harus diimbangi dengan metode, media maupun sumber belajar tertentu agar siswa lebih mudah memahami materi terlebih lagi siswa kelas rendah. Untuk itu peneliti berusaha menerapkan media lingkungan sekitar dalam mata pelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kedua siklus ini memiliki tahapan yang sama yaitu perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data, aktivitas guru dan siswa berada pada kriteria aktif, serta ketuntasan klaksikal pada siklus I sebesar 70,58% megalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,23%, jadi dapat dikatakan penerapan media lingkungan sekitar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN 2 Kawo tahun 2016.