PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN PENERAPAN MODEL ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) PADA SISWA KELAS VIII.5 SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: B. NAHDIYYATI, B. NAHDIYYATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4288/1/BAB%20I-III.rtf
http://eprints.unram.ac.id/4288/2/BAB%20IV.rtf
http://eprints.unram.ac.id/4288/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan kemampuan berbicara siswa melalui penggunaan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Model penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Sanjaya dan menurut Hopskins dengan menggunakan empat komponen penelitian tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dalam satu sistem yang saling terkait. Refleksi dilakukan di setiap akhir siklus yang kemudian dijadikan acuan untuk memperbaiki dan menyusun rencana pembelajaran pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan kemampuan berbicara siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model ARIAS sebesar 75 % pada siklus I, dan 100 % pada siklus II. Aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata yang dicapai setelah dilakukan pengolahan terhadap hasil observasi sebesar 20,62 yang tergolong cukup baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II sebesar 22,12 yang tergolong baik. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 1,5. Terjadi peningkatan pada aktivitas mengajar guru dari siklus I ke siklus II yaitu skenario pembelajaran yang dirancang guru mendapat respon dari siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan berbicara siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 7 Mataram tahun pelajaran 2010/2011.