PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: DESI ROSNAWATI, DESI ROSNAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4285/1/jurnal.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4285/
ctrlnum 4285
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4285/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP &#xD; PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK &#xD; USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI &#xD; TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>DESI ROSNAWATI, DESI ROSNAWATI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang berkaitan dengan masih &#xD; rendahnya kemampuan anak dalam menyimak pada anak usia 5-6 tahun di PAUD &#xD; Mutiara Hati. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode bercerita untuk &#xD; meningkatkan kemampuan menyimak anak, Rumusan masalah pada penelitian ini &#xD; yaitu apakah penerapan metode bercerita berpengaruh terhadap perkembangan &#xD; kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara hati tahun ajaran &#xD; 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode &#xD; bercerita terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di &#xD; PAUD Mutiara Hati. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan &#xD; menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-&#xD; Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Purposive &#xD; sampling dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh sampel yaitu kelompok &#xD; B3 rentang usia 5-6 tahun berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan &#xD; instrumen observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data &#xD; menggunakan uji normalitas dengan rumus Chi Kuadrat serta uji hipotesis &#xD; menggunakan rumus t-test. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan &#xD; menyimak anak setelah diuji menggunakan rumus t-test dengan taraf signifikansi &#xD; sebesar 5%, hasil t hitung sebesar 8,681 dan t tabel sebesar 2,120 (8,681&gt;2,120) sehingga &#xD; Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh yang &#xD; signifikan penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan &#xD; menyimak anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian ini diharapkan metode bercerita &#xD; untuk dijadikan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4285/1/jurnal.pdf</identifier><identifier> DESI ROSNAWATI, DESI ROSNAWATI (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4285</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DESI ROSNAWATI, DESI ROSNAWATI
title PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2016
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/4285/1/jurnal.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4285/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang berkaitan dengan masih rendahnya kemampuan anak dalam menyimak pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak, Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah penerapan metode bercerita berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara hati tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest- Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Purposive sampling dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh sampel yaitu kelompok B3 rentang usia 5-6 tahun berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Chi Kuadrat serta uji hipotesis menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak anak setelah diuji menggunakan rumus t-test dengan taraf signifikansi sebesar 5%, hasil t hitung sebesar 8,681 dan t tabel sebesar 2,120 (8,681>2,120) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian ini diharapkan metode bercerita untuk dijadikan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran.
id IOS5428.4285
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-06-20T03:06:38Z
last_indexed 2018-06-20T03:06:38Z
recordtype dc
_version_ 1686351097058295808
score 17.538404