PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | DESI ROSNAWATI, DESI ROSNAWATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4285/1/jurnal.pdf http://eprints.unram.ac.id/4285/ |
ctrlnum |
4285 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4285/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP 
PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK 
USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI 
TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>DESI ROSNAWATI, DESI ROSNAWATI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang berkaitan dengan masih 
rendahnya kemampuan anak dalam menyimak pada anak usia 5-6 tahun di PAUD 
Mutiara Hati. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode bercerita untuk 
meningkatkan kemampuan menyimak anak, Rumusan masalah pada penelitian ini 
yaitu apakah penerapan metode bercerita berpengaruh terhadap perkembangan 
kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara hati tahun ajaran 
2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode 
bercerita terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di 
PAUD Mutiara Hati. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan 
menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-
Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Purposive 
sampling dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh sampel yaitu kelompok 
B3 rentang usia 5-6 tahun berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan 
instrumen observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data 
menggunakan uji normalitas dengan rumus Chi Kuadrat serta uji hipotesis 
menggunakan rumus t-test. 
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan 
menyimak anak setelah diuji menggunakan rumus t-test dengan taraf signifikansi 
sebesar 5%, hasil t hitung sebesar 8,681 dan t tabel sebesar 2,120 (8,681>2,120) sehingga 
Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh yang 
signifikan penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan 
menyimak anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian ini diharapkan metode bercerita 
untuk dijadikan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4285/1/jurnal.pdf</identifier><identifier> DESI ROSNAWATI, DESI ROSNAWATI (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4285</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
DESI ROSNAWATI, DESI ROSNAWATI |
title |
PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP
PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK
USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI
TAHUN AJARAN 2016/2017 |
publishDate |
2016 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/4285/1/jurnal.pdf http://eprints.unram.ac.id/4285/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang berkaitan dengan masih
rendahnya kemampuan anak dalam menyimak pada anak usia 5-6 tahun di PAUD
Mutiara Hati. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode bercerita untuk
meningkatkan kemampuan menyimak anak, Rumusan masalah pada penelitian ini
yaitu apakah penerapan metode bercerita berpengaruh terhadap perkembangan
kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara hati tahun ajaran
2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
bercerita terhadap perkembangan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di
PAUD Mutiara Hati. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan
menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-
Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Purposive
sampling dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh sampel yaitu kelompok
B3 rentang usia 5-6 tahun berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan
instrumen observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas dengan rumus Chi Kuadrat serta uji hipotesis
menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan
menyimak anak setelah diuji menggunakan rumus t-test dengan taraf signifikansi
sebesar 5%, hasil t hitung sebesar 8,681 dan t tabel sebesar 2,120 (8,681>2,120) sehingga
Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh yang
signifikan penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan
menyimak anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian ini diharapkan metode bercerita
untuk dijadikan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran. |
id |
IOS5428.4285 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-06-20T03:06:38Z |
last_indexed |
2018-06-20T03:06:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351097058295808 |
score |
17.538404 |