PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Main Author: ISTIQAMAH, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4282/1/Artikel%20Hasil%20Penelitian.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4282/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery dan inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika dan sikap ilmiah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk desain penelitian yaitu Desain faktorial 2×2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Mataram sebanyak 13 kelas. Teknik pengambilan sampel yakni cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: terdapat pengaruh model pembelajaran discovery berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika dan sikap ilmiah siswa, dan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika dan sikap ilmiah siswa, serta terdapat pengaruh model pembelajaran discovery dan inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa, dan sikap ilmiah siswa.