ANALISIS SEMIOTIKA KARIKATUR PILPRES 2014 DI MEDIA ONLINE DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Author: SYUKRONI, FARIDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4223/1/Artikel%201.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4223/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) pemaknaan semiotika karikatur pilpres 2014 di media online berdasarkan teori Roland Barthes, dan 2) merelevansikan hasil penelitian dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas, dengan kompetensi dasar yaitu (4.2) memproduksi teks editorial/opini yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian kualitatif ini mengambil enam karikatur dari media online dengan menggunakan metode dokumentasi disertai teknik purposive sampling dan metode observasi dengan teknik catat. Tahap analisis data dilakukan dengan metode semiotika kajian Roland Barthes dan menggunakan teknik analysis content, kemudian disajikan dengan metode informal. Setelah dilakukan analisis terhadap enam karikatur yakni Garuda Gadungan, Video Kampanye (GOBLOK), Kereta JKWJK, Pinokio Jilid Dua, Pakartun dan Capres Boneka, ditemukan berbagai macam isu pada masing-masing karikatur. Setiap karikatur menunjukkan tokoh yang memiliki superioritas dan ada tokoh yang memiliki inferioritas, meskipun dalam beberapa karikatur tidak diungkapkan secara eksplisit. Tokoh dikatakan superior karena karikaturis menampilkan sisi-sisi kelebihan tokoh dibanding rivalnya, sehingga rivalnya tersebut memiliki kedudukan inferior. Adanya perbandingan kontras tersebut, karikatur tidak lagi dipandang positif melainkan telah mengarah kepada bentuk kampanye yang tidak diharapkan yaitu kampanye negatif, kampanye abu-abu, dan kampanye hitam.