PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 KURIPAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016- 2017
Main Author: | NINGSIH, LESTARI HADIATIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/422/1/COVER%20.pdf http://eprints.unram.ac.id/422/2/ABSTRAK%20.pdf http://eprints.unram.ac.id/422/3/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://eprints.unram.ac.id/422/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi dengan metode picture and picture siswa kelas X MIA 1?; (2) bagaimana hasil peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi dengan metode picture and picture siswa kelas X MIA 1?; (3) bagaimana peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi dengan menggunakan metode picture and picture siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Kuripan tahun pembelajaran 2016-2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi dengan menggunakan metode picture and picture siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Kuripan tahun pembelajaran 2016-2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, serta tahap evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode penugasan, dan metode dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran, diperoleh hasil sebagai berikut. Pada siklus I, nilai rata-rata aktivitas guru adalah 89 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 96,5. Pada siklus I, nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 89 kemudian meningkat menjadi 92,5 pada siklus II. Berdasarkan evaluasi dari siklus I ke siklus II diperoleh hasil sebagai berikut. Pada siklus I, rata-rata nilai rata-rata hasil tes tulis siswa adalah 67,92 dengan persentase ketuntasan 40%. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil tes tulis siswa meningkat menjadi 77,28 dengan persentase ketuntasan 88%. Peningkatan persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II adalah 44 %. Dengan demikian, penggunaan metode picture and picture dalam menulis paragraf narasi dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Kuripan.