PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | LAELY, NURUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4214/1/ARTIKEL%20NURUL%20LAELY.pdf http://eprints.unram.ac.id/4214/ |
ctrlnum |
4214 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4214/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH 
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR 
SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 
SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>LAELY, NURUL</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, aktivitas belajar siswa 
termasuk dalam kategori kurang aktif dan dalam kegiatan pembelajaran siswa masih 
tergantung pada penjelasan guru artinya siswa hanya menerima apa yang 
disampaikan guru. Untuk itu diperlukan metode atau model pembelajaran yang dapat 
melibatkan siswa secara aktif baik fisik maupun mental yaitu dengan 
mengoptimalkan metode diskusi dengan langkah – langkah tertentu termasuk 
mengkombinasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini 
merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana 
meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar 
melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang 
dan persegi tahun pelajaran 2014/2015. Dari masalah di atas maka rumusan masalah 
penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah 
pada materi pokok segi empat sub bab materi persegi panjang dan persegi dapat 
meningkatkan aktivitas dn prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar 
tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus 
terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta 
refleksi. Dari hasil penelitian model pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan 
meliputi lima fase kegiatan yaitu fase orientasi siswa pada masalah, fase 
mengorganisasi siswa untuk penyelidikan, fase penyelidikan, fase mengembangkan 
dan menyajikan hasil dan fase menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan 
masalah. Hasil penelitian siklus I, II, dan III memperlihatkan bahwa rata – rata skor 
aktivitas siswa berturut – turut adalah 7,81; 10,64 dan 12.9 dengan kategori cukup 
aktif, aktif dan aktif. Rata – rata prestasi sisiwa pada siklus I adalah 76,9 dengan 
ketuntasan klasikal sebesar 80,9 %, siklus II sebesar 77,6 dengan ketuntasan klasikal 
sebesar 85,5% dan siklus III sebesar 83,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,4%. 
Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model 
pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang dan persegi dapat 
menigkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar tahun 
pelajaran 2014/2015.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4214/1/ARTIKEL%20NURUL%20LAELY.pdf</identifier><identifier> LAELY, NURUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4214</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
LAELY, NURUL |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR
SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3
SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/4214/1/ARTIKEL%20NURUL%20LAELY.pdf http://eprints.unram.ac.id/4214/ |
contents |
Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, aktivitas belajar siswa
termasuk dalam kategori kurang aktif dan dalam kegiatan pembelajaran siswa masih
tergantung pada penjelasan guru artinya siswa hanya menerima apa yang
disampaikan guru. Untuk itu diperlukan metode atau model pembelajaran yang dapat
melibatkan siswa secara aktif baik fisik maupun mental yaitu dengan
mengoptimalkan metode diskusi dengan langkah – langkah tertentu termasuk
mengkombinasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana
meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar
melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang
dan persegi tahun pelajaran 2014/2015. Dari masalah di atas maka rumusan masalah
penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah
pada materi pokok segi empat sub bab materi persegi panjang dan persegi dapat
meningkatkan aktivitas dn prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar
tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus
terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta
refleksi. Dari hasil penelitian model pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan
meliputi lima fase kegiatan yaitu fase orientasi siswa pada masalah, fase
mengorganisasi siswa untuk penyelidikan, fase penyelidikan, fase mengembangkan
dan menyajikan hasil dan fase menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah. Hasil penelitian siklus I, II, dan III memperlihatkan bahwa rata – rata skor
aktivitas siswa berturut – turut adalah 7,81; 10,64 dan 12.9 dengan kategori cukup
aktif, aktif dan aktif. Rata – rata prestasi sisiwa pada siklus I adalah 76,9 dengan
ketuntasan klasikal sebesar 80,9 %, siklus II sebesar 77,6 dengan ketuntasan klasikal
sebesar 85,5% dan siklus III sebesar 83,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,4%.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang dan persegi dapat
menigkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar tahun
pelajaran 2014/2015. |
id |
IOS5428.4214 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-06-20T03:06:35Z |
last_indexed |
2018-06-20T03:06:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351096593776640 |
score |
17.538404 |