PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: LAELY, NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4214/1/ARTIKEL%20NURUL%20LAELY.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4214/
ctrlnum 4214
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4214/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH &#xD; UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR &#xD; SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 &#xD; SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>LAELY, NURUL</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, aktivitas belajar siswa &#xD; termasuk dalam kategori kurang aktif dan dalam kegiatan pembelajaran siswa masih &#xD; tergantung pada penjelasan guru artinya siswa hanya menerima apa yang &#xD; disampaikan guru. Untuk itu diperlukan metode atau model pembelajaran yang dapat &#xD; melibatkan siswa secara aktif baik fisik maupun mental yaitu dengan &#xD; mengoptimalkan metode diskusi dengan langkah &#x2013; langkah tertentu termasuk &#xD; mengkombinasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini &#xD; merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana &#xD; meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar &#xD; melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang &#xD; dan persegi tahun pelajaran 2014/2015. Dari masalah di atas maka rumusan masalah &#xD; penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah &#xD; pada materi pokok segi empat sub bab materi persegi panjang dan persegi dapat &#xD; meningkatkan aktivitas dn prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar &#xD; tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus &#xD; terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta &#xD; refleksi. Dari hasil penelitian model pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan &#xD; meliputi lima fase kegiatan yaitu fase orientasi siswa pada masalah, fase &#xD; mengorganisasi siswa untuk penyelidikan, fase penyelidikan, fase mengembangkan &#xD; dan menyajikan hasil dan fase menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan &#xD; masalah. Hasil penelitian siklus I, II, dan III memperlihatkan bahwa rata &#x2013; rata skor &#xD; aktivitas siswa berturut &#x2013; turut adalah 7,81; 10,64 dan 12.9 dengan kategori cukup &#xD; aktif, aktif dan aktif. Rata &#x2013; rata prestasi sisiwa pada siklus I adalah 76,9 dengan &#xD; ketuntasan klasikal sebesar 80,9 %, siklus II sebesar 77,6 dengan ketuntasan klasikal &#xD; sebesar 85,5% dan siklus III sebesar 83,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,4%. &#xD; Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model &#xD; pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang dan persegi dapat &#xD; menigkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar tahun &#xD; pelajaran 2014/2015.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4214/1/ARTIKEL%20NURUL%20LAELY.pdf</identifier><identifier> LAELY, NURUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4214</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LAELY, NURUL
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/4214/1/ARTIKEL%20NURUL%20LAELY.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4214/
contents Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori kurang aktif dan dalam kegiatan pembelajaran siswa masih tergantung pada penjelasan guru artinya siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru. Untuk itu diperlukan metode atau model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif baik fisik maupun mental yaitu dengan mengoptimalkan metode diskusi dengan langkah – langkah tertentu termasuk mengkombinasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang dan persegi tahun pelajaran 2014/2015. Dari masalah di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok segi empat sub bab materi persegi panjang dan persegi dapat meningkatkan aktivitas dn prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Dari hasil penelitian model pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan meliputi lima fase kegiatan yaitu fase orientasi siswa pada masalah, fase mengorganisasi siswa untuk penyelidikan, fase penyelidikan, fase mengembangkan dan menyajikan hasil dan fase menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian siklus I, II, dan III memperlihatkan bahwa rata – rata skor aktivitas siswa berturut – turut adalah 7,81; 10,64 dan 12.9 dengan kategori cukup aktif, aktif dan aktif. Rata – rata prestasi sisiwa pada siklus I adalah 76,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,9 %, siklus II sebesar 77,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,5% dan siklus III sebesar 83,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,4%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang dan persegi dapat menigkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar tahun pelajaran 2014/2015.
id IOS5428.4214
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-06-20T03:06:35Z
last_indexed 2018-06-20T03:06:35Z
recordtype dc
_version_ 1686351096593776640
score 17.538404