PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK DENGAN STRATEGI PEMAHAMAN, PENYAJIAN, PENULISAN, DAN KOREKSI (P3K) SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Main Author: | ASTUTI, BAIQ YULI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4203/1/BAB%201-3.rtf http://eprints.unram.ac.id/4203/2/BAB%204-5.rtf http://eprints.unram.ac.id/4203/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi awal, keterampilan menulis petunjuk siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Labuapi masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa ini disebabkan oleh faktor guru dan faktor siswa. Faktor guru muncul dari pemilihan strategi dan teknik yang digunakan guru. Faktor siswa terlihat pada kurangnya motivasi pada diri siswa, kesulitannya menuangkan ide untuk menulis petunjuk, sehingga tulisan mereka kurang variatif. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis petunjuk dengan strategi Pemahaman, Penyajian, Penulisan, dan Koreksi (P3K). Sesuai dengan sifatnya, penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan masing-masing dua siklus. Hasil penelitian menulis petunjuk dengan strategi Pemahaman, Penyajian, Penulisan dan Koreksi (P3K) pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Labuapi mengalami peningkatan yaitu jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 orang meningkat meningkat menjadi 24 orang pada siklus II, skor yang diperoleh juga meningkat dari 1782,25 pada siklus I menjadi 1975 pada siklus II. Begitu pula dengan Ketuntasan belajar klasikal dari siklus I 70,37% menjadi meningkat menjadi 88,88% pada siklus II, sehingga dapat dikatakan sudah memenuhi target ketuntasan yaitu 85%.