PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMK PARIWISATA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Sari, Desak Devi Vanesa Tunjung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4159/1/ARTIKEL.pdf http://eprints.unram.ac.id/4159/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK Pariwisata Mataram melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan melalui dua siklus. Setia siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/ observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah deskriptor model pembelajaran Think Pair Shar sebagai variabel tindakan yang muncul yaitu 24 deskriptor (80%). Selanjutnya, siswa yang mencapai indikator sikap kerjasama siswa yang merupakan variabel harapan yaitu 23 siswa berkategori baik dan hasil belajar siswa sejumlah 19 sisw (76%). Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan yang muncul sebanyak 2 deskriptor (96,7%). Siswa yang mencapai indikator kinerja sikap kerjasama sisw sebagai variabel harapan berkategori sangat baik dan hasil belajar siswa sejumla 23 siswa (92%). Dengan demikian, indikator kinerja variabel tindakan dan variabel harapan telah tercapai pada siklus II.