MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KOLASE PASIR WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Kalsum, Umi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4114/1/SKRIPSI%20UMI%20KALSUM.pdf http://eprints.unram.ac.id/4114/ |
ctrlnum |
4114 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4114/</relation><title>MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KOLASE PASIR WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>Kalsum, Umi</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kreativitas merupakan salah satu cirri anak yang kreatif yang harus dikembangkan, akan tetapi pada kenyatannya perkembangan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-hikmah kurang dikembangkan, hal inidi sebabkan karna kebiasaan orang tua yang sering memanjakan dan mengikuti keinginana anak sehingga anak menjadi kurang percaya diri dalam berkreasi. Oleh sebab itu rumusan maslah pada penelitian ini yaitu bagaiman tingkat perkembangan kreativitas anak melalui bermain kolase pasir dan bagaiman cara berain kolase pasir yang tepat pada anak usia 4-5 tahun Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik usia 4-5 tahun di PAUD Al-hikmah tahun pelajaran 2015/2016.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data yang bersifat kualitatif deskriptif.
Dalam penelitian ini peneliti melakuakn tiga kali perlakuan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan kreativitas anak pada tahap perlakuan pertama masih kurang berkembang terlihat dari 15 indikator 2 indikator yang berkembang baik dan 13 indikator kurang berkembang, pada tahap perlakuan kedua mulai meningkat dari 15 indikator 6 indikator berkembang baik, 4 indikator berkembang cukup baik, 5 indkator kurang berkembang, pada tahap perlakuan ketiga terus meningkat dari 15 indikator 10 indikator berkembang baik dan 5 indikator berkembang cukup baik maka dapat disimpulkan bahwa”melalui bermain kolase pasir warna dapat mengemabngkan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Hikmah jempong tmur mataram tahun pelajaran 2051/2016</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4114/1/SKRIPSI%20UMI%20KALSUM.pdf</identifier><identifier> Kalsum, Umi (2016) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KOLASE PASIR WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4114</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Kalsum, Umi |
title |
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KOLASE PASIR WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/4114/1/SKRIPSI%20UMI%20KALSUM.pdf http://eprints.unram.ac.id/4114/ |
contents |
Kreativitas merupakan salah satu cirri anak yang kreatif yang harus dikembangkan, akan tetapi pada kenyatannya perkembangan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-hikmah kurang dikembangkan, hal inidi sebabkan karna kebiasaan orang tua yang sering memanjakan dan mengikuti keinginana anak sehingga anak menjadi kurang percaya diri dalam berkreasi. Oleh sebab itu rumusan maslah pada penelitian ini yaitu bagaiman tingkat perkembangan kreativitas anak melalui bermain kolase pasir dan bagaiman cara berain kolase pasir yang tepat pada anak usia 4-5 tahun Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik usia 4-5 tahun di PAUD Al-hikmah tahun pelajaran 2015/2016.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data yang bersifat kualitatif deskriptif.
Dalam penelitian ini peneliti melakuakn tiga kali perlakuan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan kreativitas anak pada tahap perlakuan pertama masih kurang berkembang terlihat dari 15 indikator 2 indikator yang berkembang baik dan 13 indikator kurang berkembang, pada tahap perlakuan kedua mulai meningkat dari 15 indikator 6 indikator berkembang baik, 4 indikator berkembang cukup baik, 5 indkator kurang berkembang, pada tahap perlakuan ketiga terus meningkat dari 15 indikator 10 indikator berkembang baik dan 5 indikator berkembang cukup baik maka dapat disimpulkan bahwa”melalui bermain kolase pasir warna dapat mengemabngkan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Hikmah jempong tmur mataram tahun pelajaran 2051/2016 |
id |
IOS5428.4114 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-06-20T03:06:35Z |
last_indexed |
2018-06-20T03:06:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351096009719808 |
score |
17.538404 |