MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KOLASE PASIR WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Kalsum, Umi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4114/1/SKRIPSI%20UMI%20KALSUM.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4114/
ctrlnum 4114
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/4114/</relation><title>MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KOLASE PASIR WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>Kalsum, Umi</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kreativitas merupakan salah satu cirri anak yang kreatif yang harus dikembangkan, akan tetapi pada kenyatannya perkembangan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-hikmah kurang dikembangkan, hal inidi sebabkan karna kebiasaan orang tua yang sering memanjakan dan mengikuti keinginana anak sehingga anak menjadi kurang percaya diri dalam berkreasi. Oleh sebab itu rumusan maslah pada penelitian ini yaitu bagaiman tingkat perkembangan kreativitas anak melalui bermain kolase pasir dan bagaiman cara berain kolase pasir yang tepat pada anak usia 4-5 tahun Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik usia 4-5 tahun di PAUD Al-hikmah tahun pelajaran 2015/2016.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data yang bersifat kualitatif deskriptif.&#xD; Dalam penelitian ini peneliti melakuakn tiga kali perlakuan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan kreativitas anak pada tahap perlakuan pertama masih kurang berkembang terlihat dari 15 indikator 2 indikator yang berkembang baik dan 13 indikator kurang berkembang, pada tahap perlakuan kedua mulai meningkat dari 15 indikator 6 indikator berkembang baik, 4 indikator berkembang cukup baik, 5 indkator kurang berkembang, pada tahap perlakuan ketiga terus meningkat dari 15 indikator 10 indikator berkembang baik dan 5 indikator berkembang cukup baik maka dapat disimpulkan bahwa&#x201D;melalui bermain kolase pasir warna dapat mengemabngkan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Hikmah jempong tmur mataram tahun pelajaran 2051/2016</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/4114/1/SKRIPSI%20UMI%20KALSUM.pdf</identifier><identifier> Kalsum, Umi (2016) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KOLASE PASIR WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>4114</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kalsum, Umi
title MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KOLASE PASIR WARNA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/4114/1/SKRIPSI%20UMI%20KALSUM.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4114/
contents Kreativitas merupakan salah satu cirri anak yang kreatif yang harus dikembangkan, akan tetapi pada kenyatannya perkembangan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-hikmah kurang dikembangkan, hal inidi sebabkan karna kebiasaan orang tua yang sering memanjakan dan mengikuti keinginana anak sehingga anak menjadi kurang percaya diri dalam berkreasi. Oleh sebab itu rumusan maslah pada penelitian ini yaitu bagaiman tingkat perkembangan kreativitas anak melalui bermain kolase pasir dan bagaiman cara berain kolase pasir yang tepat pada anak usia 4-5 tahun Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik usia 4-5 tahun di PAUD Al-hikmah tahun pelajaran 2015/2016.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data yang bersifat kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti melakuakn tiga kali perlakuan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan kreativitas anak pada tahap perlakuan pertama masih kurang berkembang terlihat dari 15 indikator 2 indikator yang berkembang baik dan 13 indikator kurang berkembang, pada tahap perlakuan kedua mulai meningkat dari 15 indikator 6 indikator berkembang baik, 4 indikator berkembang cukup baik, 5 indkator kurang berkembang, pada tahap perlakuan ketiga terus meningkat dari 15 indikator 10 indikator berkembang baik dan 5 indikator berkembang cukup baik maka dapat disimpulkan bahwa”melalui bermain kolase pasir warna dapat mengemabngkan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Hikmah jempong tmur mataram tahun pelajaran 2051/2016
id IOS5428.4114
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-06-20T03:06:35Z
last_indexed 2018-06-20T03:06:35Z
recordtype dc
_version_ 1686351096009719808
score 17.538404