PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 2 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | APRIANI, NUNING |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/4105/1/Jurnal%20Nuning%20Apriani%20%28E1Q012037%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/4105/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Praya tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttes control group design. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 2 Praya Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes multiple choice dengan lima alternatif jawaban dengan mempertimbangkan validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksprimen adalah 72,11 dan kelas kontrol sebesar 64,57. Data yang diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas, didapatkan kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Hipotesis Penelitian diuji menggunakan t-test polled varians, diperoleh thitung sebesar 3,42 dan ttabel sebesar 1,99 pada taraf signifikansi 5 %. Oleh karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Praya tahun pelajaran 2015/2016.