Pengaruh Model Pembelajaran Cooveratif Learning tipe STAD Bermedia Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Narmada

Main Author: Heriato, Andi, Sumardi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/41/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/41/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD bermedia audio visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 1 Narmada. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini, kelas VII 1 dan VII 2 yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil post-test sebesar 89,49 pada kelas eksperimen dan 79,24 pada kelas kontrol. Adapun hasil uji-t adalah thitung (6,97) > ttabel (1,684) pada taraf signifikan 5%. Disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD bermedia audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Narmada