PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA MA-DI PUTRI NURUL HAKIM KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: KUSDIASTUTI, MAHESTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4092/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4092/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen dengan desain “pre-tes-post-test control grouph design” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA DI Putri Nurul Hakim Kediri yang berjumlah 210 siswa. Siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penguasaan konsep dilakukan dengan teknik tes berbentuk pilihan ganda. Tes pemecahan masalah menggunakan teknik tes uraian. Hasil tes akhir untuk penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 82,48 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai rata-rata kelas kontrol 71,50 dengan nilai tertinggi 90. Hasil tes akhir pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 73,67 dengan nilai tertinggi 97,25 dan nilai rata-rata kelas kontrol 58,47 dengan nilai tertinggi 88,50. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians diperoleh thitung lebih besar dari ttabel, artinya terdapat pengaruh penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika siswa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan laboratorium virtual. Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan laboratorium virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika siswa kelas X MA DI Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2015/201