PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-B SMPN 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: ANDRIANI, ANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/4006/1/artikel.pdf
http://eprints.unram.ac.id/4006/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMPN 18 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 pada pembelajaran materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Aktivitas dan prestasi belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I, II dan III dengan skor dan kategori aktivitas siswa berturut-turut adalah 13,81 (cukup tinggi), 16,64 (Tinggi), 19,49 (Tinggi). Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa rata-rata hasil evaluasi pada siklus I, II dan III berturut-turut adalah 67,33; 73,11; dan 76,15 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 63%, 74% dan 85%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I, II, dan III, baik dari segi aktivitas belajar siswa maupun dari hasil belajar siswa bahwa terjadi peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada pembelajaran materi persamaan garis lurus dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMPN 18 Mataram tahun pelajaran 2017/2018.