PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHEIVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MULTIMEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X SMAN 1 LINGSAR

Main Author: JAMILUDIN, AGIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3705/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3705/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Acheivement Divisions (STAD) berbantuan multimedia powerpoint terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X SMAN 1 lingsar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas X SMAN 1 Lingsar. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan multimedia powerpoint, sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data hasil pretest dan posttest. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 61,92 dan kelas kontrol 56,40. Hasil uji statistik Anacova diperoleh Fhitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan Fhitung (1,79) < Ftabel (4,04) yang berarti Ha ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Acheivement Divisions (STAD) berbantuan multimedia powerpoint tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Lingsar